Sabtu, 21 Maret 2015

ikan pais

         

      Hasil gambar untuk ikan pais makanan khas bengkulu

Ikan pais adalah  Makanan Khas Bengkulu, sama hal nya dengan Pendap yang juga merupakan asli Bengkulu. Ikan pais merupakan pepes ikan khas Bengkulu,  yang dibuat dari ikan Gebu dan ikan buli.  Sangat enak disajikan dengan nasi hangat, mengundang selera makan.

Cukup banyak penjual di pasar tradisional dan ada pula yang berkeliling,  Dengan harga relatif murah, Rp. 5.000 – Rp 10.000 per bungkus,  Bahan dasarnya juga tak sedikit, dengan menghabiskan sekitar 5 kilogram ikan laut yang sudah digiling halus, akan menghasilkan 50-70 bungkus Ikan Pais .

Pada saat bulan puasa ikan pais merupakan menu santapan yang diburu oleh masyarakat Bengkulu, tidak heran jika penjual ikan pais yang sudah terkenal sangat laris dagangan. Penjual ikan  yang sudah terkenal dapat anda cari di daerah Penurunan,Pasar Bengkulu,Bajak, dan daerah lainnya yang masih banyak penduduk aslinya.
Untuk itu rasa nya kurang lengkap jika anda dari luar Bengkulu datang tidak mencicipi  Makanan Khas Bengkulu ini. Rasanya seperti belum pernah berkunjung ke Bengkulu.
Untuk resep dan cara pengolahanya tidak jauh berbeda dengan Pendap, adapun bahan dan cara  Makanan Khas Bengkulu ini sebagai berikut :

 Bahan

5 ekor ikan kembung
4 biji bawang merah – diblend
3 ulas bawang putih – diblend
1/2 inci halia – diblend
1/2 inci kunyit – diblend
2 btg serai – diblend
3 sb cili giling
3 sb air asam jawa
2 sb kelapa parut
sedikit garam, gula n perasa
daun pisang secukupnya

 Cara Pengolahan

1) Bersihkan ikan, toskan airnya dan ketepikan.
2) Satukan bahan blender/tumbuk dan semua bahan lain, gaul sebati sebagai bahan rempah
3) Ambil daun pisang selebar 30 cm, letak pes rempah cili, letak ikan dan lapiskan rempah cili sekali lagi.

4) Tutup daun pisang dan susun ke atas.

11 komentar: